Jenis Pemasaran: Tradisional dan Online

Jenis Pemasaran: Tradisional dan Online

Pemasaran pada dasarnya apa-apa yang kita lakukan untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis kita, termasuk iklan , publisitas, penjualan, merchandise dan distribusi. Pada era ini juga kita menghabiskan uang untuk 2 kategori pemasaran, yaitu pemasan online dan pemasaran tradional

Ada pertempuran yang sedang berlangsung antara kedua jenis pemasaran. Mana yang lebih baik? Yang menawarkan manfaat dan nilai yang lebih besar?

Tentu saja jawaban yang benar adalah kedua metode pemasaran tersebut mempunya kelebihan-kelebihan. Namun, lagi-lagi budget menjadi persoalan pada keduanya, mari kita lanjut artikel dibawah ini:

PEMASARAN TRADISIONAL OFFLINE:


Pemasaran tradisional menggunakan strategi penjualan langsung , TV, radio, surat, iklan cetak (seperti majalah, koran,dll) dan bahan promosi cetak seperti katalog atau brosur.

Metode tradisional mungkin satu-satunya cara untuk mencapai kelompok tertentu pada konsumen.  Tetapi banyak yang mengeluhkan mahalnya iklan dan promosi disana. Pemasangan ikaln di TV, radio atau cetak bisa sangat mahal untuk kalangan bisnis kecil.

PEMASARAN ONLINE INTERNET MARKETING:


Internet online marketing adalah proses pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan Internet. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat baik baik bagi mereka yang bisnisnya memang dilakukan dalam dunia online.

Yang digunakan dalam Internet marketing seperti pembuatan situs, mengenal search engine optimization (SEO), iklan banner, media sosial, PPC dan broadcast email.

MEMADUKAN DUA METODE PEMASARAN


Sebelum Internet berkembang, pemasaran produk atau layanan cukup dilakukan dengan iklan di  tv, radio, surat atau melakukan penjualan langsung (door to door). Sekarang internet berkembang sangat pesat, sedangkan sebagian besar konsumen mengharapkan pemasaran yang disesuaikan dengan nilai keadaan yang bisa diambil keuntungan. Jadi mana yang benar? Adalah pemasaran internet lebih baik dari pemasaran tradisional atau sebaliknya?

Kuncinya adalah keseimbangan antara dua metode. Karena keterjangkauan dan efektivitas pemasaran internet, para ahli telah menyarankan menerapkan Aturan 80/20 untuk keduanya. Artinya investasi 80%untuk pemasaran online internet dan 20% pemasaran tradisional.

Pada akhirnya, keputusan terserah Anda. Memasukkan riset pasar ke dalam rencana pemasaran Anda akan membantu Anda menentukan bagaimana target pasar terbaik Anda  akan tercapai. (homebusiness.about.com/)
Tag : Pemasaran
Back To Top